Cara Membersihkan Kompor Gas Dengan Benar Supaya Lebih Awet

24/11/2016 10:27

Kompor gas merupakan sebuah piranti memasak yang sangat penting dan menjadi salah satu alat yang wajib dimiliki oleh siapapun. Karena bagaimanapun melalui kompor gas inilah kita biasanya memasak makanan favorit keluarga. Di samping kegunaanya untuk memasak makanan, tentunya kita ingin kompor gas yang kita miliki selalu terlihat bersih kinclong sehingga kita lebih semangat untuk memasak. Berikut ini ada beberapa cara membersihkan kompor gas dengan benar supaya lebih awet.

Pertama: Anda bisa mulai untuk melepas bagian dudukan atau tungku kompor. Karena biasanya dibagian ini sangat berkerak dan sulit untuk dibersihkannya, sebaiknya anda merendamnya terlebih dahulu dengan air kurang lebih 5 hingga 15 menit. Selanjutnya anda bisa membersihkannya dengan cairan khusus cuci piring Sunlight agar kerak atau kotoran yang menempel bisa terangkat.

Ke dua: Selanjutnya anda bisa membuka bagian piringan besi keluaran api. Untuk bagian ini sebelumnya anda bisa untuk menyikatnya terlebih dahulu hingga kerak membandel yang menempel pada bagian piringan sedikit hilang. Jika dirasa sukar untuk dibersihkan dengan menggunakan sikat, anda bisa mengaplikasikan seperti pada poin pertama yaitu dengan mencucinya menggunakan cairan khusus cuci piring Sunlight.

Ke tiga: Setelah itu anda bisa mencopot bagian kompor yang berfungsi sebagai penyalur gas. Untuk menyopot bagian ini memang perlu ketelitian dan kehati-hatian karena bagian yang satu ini sangat mudah rusak. Setelah bisa terlepas dengan bodi kompor, anda bisa mulai untuk mencucinya seperti pada poin pertama dan ke dua hingga sisa noda tak tersisa dan jangan lupa untuk mengkeringkannya.

Ke empat: Setelah bagian-bagian kompor sudah terlepas semuanya, tahap selanjutnya anda membersihkan bodi kompor. Anda bisa menyemprotkan air untuk bagian ini dan mengusapnya dengan spon hingga keseluruhan bodi kompor hingga bersih. Jika di rasa sudah bersih semua, anda bisa mulai untuk mengembalikan bagian-bagian kompor seperti semula dan kompor anda bisa digunakan kembali.

Demikianlah beberapa cara membersihkan kompor gas dengan benar, semoga bermanfaat bagi anda semuanya.