Keuntungan Masuk Di Universitas Bergengsi

14/01/2016 15:52

Usai melewati Ujian Nasional di jenjang SMA maka pastinya mulai sibuk mempersiapkan diri masuk ke salah satu universitas pilihan. Mencoba peruntungan di IPB (Institut Pertanian Bogor) yang merupakan universitas negeri bergengsi bisa dipilih. Sebab merupakan universitas yang masuk ke dalam lima peringkat universitas berkualitas di tanah air. Kemudian ranking di jenjang internasional pun tidak mengecewakan sebab masuk ke dalam peringkat unggul di 119 ASIA.

Menimbang bagaimana prestasi kampus tujuan di mata masyarakat Indonesia dan juga dunia memang sebaiknya diperhatikan. Sebab dengan kualitas pendidikan Institut Pertanian Bogor yang diakui ada keuntungan tersendiri menjadi alumninya. Yakni :

1. Lebih Dihargai Di Dunia Luar

Menjadi alumni dari universitas bergengsi memang menjadi bentuk kebanggaan tersendiri, sebab bisa masuk usai melewati seleksi yang ketat. Sistem pembelajaran yang terstruktur menjadikan kualitas ilmu yang dibekalkan kepada anak didiknya lebih diakui. Sehingga semasa kuliah atau selepasnya para alumni akan mendapatkan pengakuan dari masyarakat di sekitarnya.

2. Diperhitungkan Di Dunia Kerja

Tidak dapat dipungkiri pula bahwa masuk di universitas ternama, setelah lulus akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan. Sebab hampir semua perusahaan di tanah air dalam menyeleksi setiap lamaran yang masuk. Terlebih dahulu mensortir dari universitas mana pelamar itu berasal, sehingga semakin bergengsi universitasnya akan lebih mudah lolos seleksi. Nyaris sedikit atau bahkan tidak ada lulusan universitas besar dan terkenal yang terlalu lama menganggur. Asalkan mau berusaha untuk mencari pekerjaan maka dengan mudah bisa keluar dari status pengangguran yang tadinya disandang.

3. Bekal Ilmu Yang Bermanfaat

Perlu diakui juga bahwa sistem pembelajaran atau kurikulum yang diberlakukan di universitas-universitas besar. Lebih terstruktur dan diberikan oleh sumber yang kompeten sehingga ilmu yang diperoleh lebih banyak. Hal inilah yang menjadikan para mahasiswa di universitas besar nyaris tidak ada kesempatan untuk kuliah sembari bersenang-senang dengan kegiatan yang kurang penting. Kemudian selepas lulus maka bekal ilmu yang diperoleh bisa dimanfaatkan di berbagai bidang dimana lulusan itu berada. Menjadi keputusan yang kaya manfaat ketika mengambil jurusan di IPB (Institut Pertanian Bogor).