Sunlight Plus Anti Bakteri Untuk Botol Susu Si Kecil, Bagaimana Cara Mencucinya?

19/10/2017 14:50

 

 

Untuk anda yang sedang menyusui si kecil, terkadang harus menampung ASI dan memberikannya di dalam botol. Atau untuk anda yang memberikan susu formula, botol susu adalah senjata dalam tumbuh kembang si kecil. Namun botol susu bayi ini memerlukan perawatan khusus dan tidak bisa dicuci seperti kita mencuci piring biasa. Karena semua orang ingin menjadi ibu yang baik, ibu-ibu yang memiliki bayi pun mempelajari bagaimana caranya mencuci botol susu yang benar.

Membuang kotoran, membersihkan menggunakan Sunlight dan membilasnya saja tidak cukup. Sabun cuci yang anda gunakan haruslah yang menjamin terbuangnya semua bakteri buruk pada botol susu tersebut. Anda bisa mengandalkan Sunlight Plus Anti Bakteri untuk menjadi ibu yang baik dalam hal ini. Kemudian setelah dicuci, botol susu masih harus disterilkan lagi. Agar lebih jelas, berikut langkah-langkahnya.

  1. Segera setelah si kecil selesai menyusu, rendamlah botol di campuran air hangat dan beberapa tetes Sunlight Plus Anti Bakteri dan kocok-kocok sebentar.
  2. Siapkan sikat pembersih botol agar anda bisa membersihkan bagian dasar dan sisi botol, serta sisi karet dot karena bagian-bagian ini biasanya adalah tempat berkumpulnya bakteri.
  3. Siapkan Sunlight Plus Anti Bakteri yang memang diformulasikan ampuh untuk membunuh bakteri dan tidak meninggalkan sisa-sisa sabun pada botol.
  4. Siapkan rendaman air hangat dan Sunlight Anti Bakteri yang baru. Lepaskan semua bagian botol hingga tabung, cincin dot, dan karet dotnya terpisah. Sikat bagian dalam botol, cincin dot, serta karetnya menggunakan penyikat.
  5. Setelah selesai mencuci, letakkan tabung botol susu secara terbalik beserta karet dot dan cincin dot agar botol susu mengering secara sempurna. Pastikan untuk meletakkan botol susu di ruangan yang memiliki ventilasi udara, karena jika botol dibiarkan mengering di ruangan dengan sirkulasi udara buruk, botol bisa jadi kering namun masih sedikit lembab yang mendukung pertumbuhan bakteri.
  6. Berikutnya, adalah mensterilkan botol. Anda bisa mensterilkan botor dengan menggunakan cara biasa yaitu merendam botol susu di air panas. Atau, bisa menggunakan alat sterilisasi botol susu yang bisa anda beli di pasaran. Jika anda memiliki microwave yang mendukung sterilisasi uap, menggunakannya juga bisa.
  7. Sterilkan botol susu hingga mencapai suhu 100 derajat celcius selama 10 menit. Pastikan anda juga mencuci tangan anda menggunakan Sunlight Plus Anti Bakteri sebelum memegang botol susu si kecil untuk membuatkan susunya dan menyusuinya.

Ternyata, menjadi ibu yang baik cukup repot ya? Tapi apa sih yang tidak akan dilakukan seorang ibu untuk memenuhi kebutuhan anaknya dan memberikan yang terbaik? Nah, menjadi ibu yang baik juga harus selalu siap sedia ketika anda membawa si kecil bepergian. Berikut ini tips dari Sunlight untuk mencuci botol susu saat bepergian :

  1. Bawalah sebotol kecil Sunlight Plus Anti Bakteri dan sikat botol dalam wadah khusus yang ditutup rapat.
  2. Gunakan lapisan botol dari plastik sekali pakai atau lebih dikenal dengan lama bottle liner, jadi anda hanya perlu membawa satu buah botol saja.
  3. Ganti lapisan ini setiap anda selesai menyusui dan cucilah botol hanya pada malam hari. Jika tidak ada air hangat yang tersedia, bawa lah alat pensteril portable. Jika tersedia air panas, rendamlah terlebih dahulu kemudian cucilah botol di dalam rendaman Sunlight Plus Anti Bakteri di bak cuci.